Finch

Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin B12 merupakan vitamin yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B12 diperlukan dalam proses mengubah karbohidrat, lemak dan protein pada makanan menjadi energi. Disamping itu Vitamin B12 juga membantu menyehatkan sel-sel darah merah serta sel darah putih dan sel-sel saraf dalam tubuh. 
Sel darah merah yang sehat akan menjadika badan dan seluruh tubuh menjadi sehat bugar. Sel darah putih membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sel saraf memerlukan Vitamin B12 untuk membentuk lapisan pelindung lemak sehingga otak tidak akan berfungsi dengan baik.

Kebutuhan Vitamin B
12 untuk tubuh sangat kecil sekali namun dibutuhkan secara teratur. 

Vitamin B12 hanya ditemukan dalam makanan seperti hati, telur, ikan dan daging. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi jauh lebih banyak daripada jumlah harian yang dibutuhkan. Namun tubuh hanya dapat menyerap sekitar setengah dari Vitamin B12 yang dikonsumsi.
Jika tubuh tidak kekurangan Vitamin B12 maka akan menjadikan Anemia dan terganggunya sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak Vitamin B12 karena bayi juga menyerap Vitamin B12 dalam masa kehamilan.
Lebih baru Lebih lama