Finch

Beragam Khasiat Jahe Sebagai Obat Herbal

Sobatku, pada rubrik kuliner kali ini admin sengaja memposting tentang tanaman obat berkhasiat yaitu jahe. Kenapa harus jahe? yah karena kebetulan didepan admin menulis ini ada secangkir wedang jahe hangat khas bikinan ibunda admin. Hehehe...maklum flu lg melanda jadi kepingin yang anget-anget gtu loh :). Nah karena kesulitan cari bahan artikel juga, akhirnya admin dapat inspirasi dari secangkir wedang jahe tadi semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian.

Oke, tentang jahe (Zingiber officinale), apabila kita tinjau dari penggunaan, jahe merupakan tanaman rempah yang sudah populer digunakan diseluruh dunia. Menurut informasi yang admin dapatkan dari berbagai media online, jahe juga memiliki banyak khasiat dan manfaat sebagai obat kesehatan. Kandungan yang ada didalam jahe terbukti mampu untuk untuk meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi rasa sakit yang terkait dengan gangguan tenggorokan, mual, flu, nyeri saat haid, dll.


Jahe bisa digolongkan menjadi tiga jenis berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna rimpangnya, yaitu: jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Di barat, jahe sudah lama digunakan sebagai campuran minuman beralkohol selayakna bir jahe atau anggur jahe. Namun di kebanyakan negara asia, jahe justru dijadikan serbuk jahe yang dapat langsung digunakan untuk bumbu masakan serta minuman berkhasiat.

Ada kandungan minyak pada tanaman jahe sehingga hal itu menjadikan jahe berbau harum dan wangi. Kandungan minyak tersebut biasa disebut dengan gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe. Dari minyak essensial jahe tersebut telah banyak digunakan sebagai obat/rempah dengan cara diekstraksi terlebih dahulu. Bahkan di Cina, ada sebuah tradisi herbal dan aromatik yang menggunakan jahe sebagai obat peradanagn dan diare yang sudah berlangsung selama lebih dari 2000 tahun. Namun, untuk mengetahui lebih rinci tentang khasiat dan manfaat jahe berikut informasinya:

1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
    Jahe berkhasiat memperlebar pembuluh darah serta merangsang pelepasan
    hormon adrenalin. Sehingga aliran darah dapat mengalir lebih cepat
    dan lebih lancar.
2. Melancarkan proses pencernaan.
    Kandungan  enzim protease dan lipase pada jahe dapat mempercepat proses
    pencernaan.
3. Dapat dipakai sebagai pembersih darah kotor dalam tubuh serta mengurangi
    bau keringat.
4. Dapat mengobati mual, radang tenggorokan, kurang nafsu makan,
    memperkuat otot usus, mengatasi batuk, dll.
5.  Mencegah penggumpalan darah karena mengandung Gingerol sebagai
     antikoagulan.
6.  Dapat menetralkan radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Nah sekian postingan kali ini semoga bisa menambah wawasan anda tentang khasiat tanaman jahe.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama